(NHW #4) Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

Bismillahirahmanirrahim

Masuk pekan ke 4 dengan materi 
Mendidik dengan Kekuatan Fitrah
Materi ini mengikat materi sebelumnya, yang ternyata setiap materi pekan per pekan merupakan kesatuan yang saling berkaitan. Yang mengarahkan kita pada misi spesifik hidup kita, juga misi spesifik keluarga kita. Misi diperlukan agar kita tidak galau dengan tsunami informasi yang datang silih berganti. Semua ilmu dipelajari, tanpa dipraktekan satupun. Semua disebabkan kegalauan diri sendiri, kekhawatiran menjadi individu yang 'ketinggalan'. Padahal tak satupun ilmu itu yang akhirnya membekas menjadi jejak sejarah perjalanan hidup kita.



Demikian juga dengan pendidikan anak-anak kita. Selama ini kita dihebohkan dengan Apa yang harus dipelajari oleh anak-anak kita bukan Untuk apa anak-anak kita mempelajari hal tersebut

Sehingga banyak ibu yang galau, yang bingung, sampai menjejalkan segala ilmu untuk anaknya, tanpa tahu untuk apa mereka belajar. Namun ada ilmu yang tidak akan lekang oleh jaman, yaitu 
Pendidikan Anak Berbasis Fitrah
apakah itu? sabar, selanjutnya ada sesi mendalam untuk mempelajari materi ini.

Sebelum itu, mari kita mendalami satu per satu dengan mengevaluasi kembali apa yang telah kita renungkan sebelumnya.


1. Review kembali Nice Home Work #1 Adab Menuntut Ilmu


Apakah saat ini saya tetap pada jurusan ilmu yang telah saya pilih?
InsyaAllah YA, namun lebih mendalam

Sebelumnya saya menetapkan untuk mendalami Ilmu tentang Pola Pengasuhan Anak, sekarang akan lebih saya kerucutkan lagi untuk mendalami jurusan

Ilmu mengenai Pendidikan Anak yang berdasarkan Fitrah Islam


2. Review kembali Nice Home Work #2 Menjadi Ibu dan Istri Profesional


Apakah saya sudah konsisten dalam mematuhi lembar Ceklist Profesional saya?
Sayangnya belum.... Nampaknya saya perlu melakukan beberapa revisi pada point-point yang saya rasa terlalu sulit saya capai.


3. Review kembali Nice Home Work #3 Membangun Peradaban dari Dalam Rumah


Baca dan renungkan kembali, apakah sudah bertemu dengan misi hidup? Apakah itu?

InsyaAllah perlahan-lahan mulai bertemu dengan benang merahnya....

Suami sering berkata bahwa saya selalu berbinar-binar jika berhadapan dengan Iggo. Dengan rutinitas harian sebagai wanita pekerja saya masih mampu membagi waktu untuk anak di rumah. Menyiapkan segala keperluannya, dan merumuskan banyak program untuknya. Dengan semangat yang gigih, kesabaran, dan kesediaan menerima segala keunikan Iggo, Alhamdulillah, suami merasakan manfaatnya. Alhamdulillah... Alhamdulillah

Dari pernyataan suami, Alhamdulillah saya semakin percaya diri dengan jalur yang saya lalui sekarang. Mencari ilmu tentang dunia parenting, mempraktekkannya, dan membagi tips tips hasil praktikum saya bersama Iggo. Saya menikmati semua itu, dan saya sangat bahagia karenanya. InsyaAllah, melalui perenungan yang panjang ini, akhirnya saya menemukan misi hidup saya.... 

Misi Hidup
a. Menjadi Ibu & Istri yang Profesional
b. Menemani Iggo tumbuh menjadi individu yang menyadari fitrahnya
c. Menjadi individu yang penuh manfaat dengan berbagi ilmu yang telah didapatkan

Bidang
a. Ibu Profesional
b. Pendidikan Anak

Peran
a. Ibu dan Istri
b. Inspirator

Ya Allah, kami mohon bimbinglah kami selalu


4. Apa saja Ilmu yang dipelajari ?

Susunlah ilmu-ilmu yang mendukung demi mencapai misi tersebut
a. Menjadi Ibu dan Istri yang Profesional
    Ilmu mengenai Bunda Sayang, Bunda Cekatan, Bunda Produktif, Bunda Shaleha

b. Menemani Iggo tumbuh menjadi individu yang menyadarai fitrahnya
    Ilmu mengenai Pendidikan Anan Berbasis Fitrah Islam

c. Menjadi individu yang penuh manfaat dengan berbagi ilmu yang telah didaptkan
    Ilmu mengenai cara menulis dan komunikasi

5. Buatlah Milestone

Tahapan atau milestone ini akan memandu kita untuk mencapai misi dan menggapai ilmu yang telah kita tetapkan. InsyaAllah, saya perlu mendalaminya dengan bertahap, sehingga mampu menguasainya dengan baik.

a. Menjadi Ibu dan Istri yang Profesional
Saya menetapkan KM 0 untuk menjadi Ibu dan Istri Profesional adalah Tahun 2018 pada usia 27 tahun, dengan tahapan sebagai berikut:
KM0-KM1 (tahun 2018) : Lulus pada kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional
KM1-KM2 (tahun 2019) : Lulus pada kelas Bunda Sayang
KM2-KM3 (tahun 2020) : Lulus pada kelas Bunda Cekatan
KM3-KM4 (tahun 2021) : Lulus pada kelas Bunda Produktif
KM4-KM5 (tahun 2022) : Lulus pada kelas Bunda Shaleha
Saya targetkan pada usia 31 tahun saya sudah menjadi Ibu dan Istri yang profesional bagi anak dan keluarga. Aaamiiin


b. Menemani Iggo tumbuh menjadi individu yang menyadarai fitrahnya
Saya menetapkan KM 0 untuk memperdalam Ilmu mengenai Pendidikan Anak Berbasis Fitrah Islam adalah tahun 2018 pada usia 27 tahun, dengan tahapan sebagai berikut:
KM0-KM1 (tahun 2018) : menemani tumbuh kembang Iggo pada usia pra latih yaitu 2-6 tahun
KM1-KM2 (tahun 2019-2023) : menemani tumbuh kembang Iggo pada usia pre-aqil baligh  1 yaitu 7-10 tahun
KM3-KM4 (tahun 2024-2027) : menemani tumbuh kembang Iggo pada usia pre-aqil baligh 2 yaitu 11-14 tahun
KM4-KM5 (tahun 2028) : menemani tumbuh kembang Iggo pada usia post aqil baligh
yaitu >15 tahun
Saya targetkan, pada saat usia saya Iggo 15 tahun, ia mampu menjadi individu yang fitrah keimanan, fitrah belajar, dan fitrah bakat yang sesuai dengan kodrat dan akhlak islam. Aaaammmiiiin.....

c. Menjadi individu yang penuh manfaat dengan berbagi ilmu yang telah didapatkan
Saya menetapkan KM0 untuk menjadi individu yang penuh manfaat dengan berbagi ilmu yang didapatkan pada tahun 2018 dengan tahapan sebagai berikut:
KM0-KM1 (tahun 2018) : mempelajari ilmu fitrah based education sekaligus mempersiapkan diri untuk lulus kelas matrikulasi IIP sembari terus membuat tulisan di blog mengenai ilmu yang telah didapatkan
KM1-KM2 (tahun 2019) : mengikuti Kelas Menulis di Institut Ibu Profesional
KM3-KM4 (tahun 2020) : mulai berbagi pada lingkungan sekitar mengenai Ilmu IIP dan FBE

6. Koreksi kembali NHW #2

Sepertinya NHW #2 perlu ada perbaikan, terutama saya belum spesifik mencantumkan ilmu dan waktu untuk belajar sesuai dengan misi hidup saya.
Perbaikan dan revisi ada di Revisi NHW #2

InsyaAllah saya menambahkan beberapa hal mengenai ilmu yang ingin saya pelajari;
a. belajar di IIP minimal 2 jam setiap hari
b. membedah buku FBE dengan suami minimal 1 jam setiap hari
c. membuat resume mengenai ilmu yang dipelajari minimal 1 kali seminggu

Selanjutnya kita tinggal lakukan! lakukan! lakukan!

Bismillahirahmannirahim, kami mohon selalu bimbinganMu Ya Allah....

Sumber :
Materi dan NHW berasal dari Tim Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch #5
Inspirasi dari Ayah dan Iggo yang selalu setiap menjadi guru terbaik Bunda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembentukan Struktur Hexagon City

[30 DEM-DAY #8] Burung Kecil dan Pohon Tua

[30DEM-DAY14] Endog-endogan