Tujuan Tanpa Rencana itu Bagai Layangan Tanpa Tali Kenur

Bismillahirahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Cieee, judul pembukanya gitu banget.. Tujuan Tanpa Rencana itu Bagai Layangan Tanpa Tali Kenur, bisa terbang sih, tapi tanpa arah Mak, ya ga? Termasuk kehidupan ini, Mak. Tsaaah…. Mau mimpi terbang tinggi tapi ngga bangun-bangun yaaa sueee, ngga ada perubahannya. Makanya, kali ini Mamak lagi belajar menggapai mimpi dengan memfokuskan mimpi dan tujuan.

Aelaaah Mak, dari dulu udah bilang begitu, ga ada actionnya juga tuh…

Hahahahahaha, iya ya! Pemimpi ulung ternyata diriku.

Nah, sekarang serius, Mak. Mamak udah rapi banget ini bikin action plan, Mak. Bahkan sampai 5 tahun ke depan. Ajegile kan? hihihi… Sini-sini duduk dulu...

Jadi gini, Mak… Saat ini Mamak tuh lagi punya proyek keluarga yang namanya Portofolio Keluarga, pasti udah denger kan ya? aileaaah siapa juga yang ngepoin situ, Mak?! Hihihihi….

Portofolio Keluarga ini semacam kumpulan insight, kumpulan cerita tanpa makna, kumpulan praktik baik keluarga yang dikumpulkan sedemikian rupa sebagai sebuah dokumen penting bersejarah di jagad perkeluargaan Mamak. Portofolio ini tuh nantinya ingin Mamak bukukan dan persembahkan dengan penuh cinta untuk anak dan suami tercinta.

Berawal dari kepikunan Mamak yang sangat akut, akhirnya Mamak putuskan untuk menseriuskan hal ini. Iya loh, Mak. Mamak tuh orangnya gampang banget lupa sama kejadian masa lalu, makanya selama ini tumbuh jadi Mamak-mamak yang gampang move on dan jarang baper sama kenangan masa lalu, terutama kenangan mantan, cieee.... Jangankan mantan, Mak, piutang aja bisa Mamak lupain loh. Aselik. Tapi jangan coba-coba ngutang ke Mamak lah. Hahahahaha….

Nah, untuk mendukung misi besar Mamak dalam hidup ini, makanya Mamak merasa harus 'pakai banget' belajar hal khusus yang namanya Menulis Cerita Lucu. Iya, sebegitu seriusnya Mamak, sampai belajar cara menulis. Kenapa Cerita Lucu? Soalnya Mamak udah ngga lucu lagi. Hahhahah! Puas! Puas!

Terus tujuannya piye, Mak?

Mamak menargetkan dalam 5 tahun ke depan Portofolio Keluarga ini bisa di-buku-kan. Khususon jadi hadiah di ulang tahun ke-12 nya si Sulung, assiiiik….
Nah untuk 1-2 tahun ke depan ditargetkan blog Portofolio Keluarga bisa terisi sampai 1000 tulisan, eh ngga.. ngga... gila apa Oe, kerjanya nulis mulu. hahahah... Yaa batas minimal 100 tulisan lah..
Kalau 1-2 bulan ke depan harus ada targetnya adalah 1 tulisan per minggu.

Dengan langkah sebagai berikut,
1. Amati aktifitas keluarga yang cocok untuk dijadikan bahan roasting. Laaah, kaya stand up comedy aja Mak, pakai roasting2 segala. Ngga lah, roasting itu kan maknanya bukan cuma untuk dijadikan bahan ketawaan atau ejekan. Tapi kalau ala Mamak mah, sebagai bahan bakar yang bisa saja dalam bentuk apresiasi yang perlu diingat, pembelajaran yang perlu diabadikan, ataupun cerita kesalahan yang bisa jadi tabungan bahan komedi. Hihihihi.... Ngga usah protes, Mak. Ini konsep-konsep Oe, mau nyambung atau kagak, sama teori portofolio atau ngga, biariiiin! Suka-suka Oe ae Ya. Gosah protes!

2. Nah, abis mengamati buat tuh catatan kecil biar ngga lupa apa aja sih bahan yang harus di roasting. Hehehe.. sambil cari-cari inspirasi dengan nonton stand up comedy atau baca-baca cerita lucu. Ahhh bahagia hidup. Bisa awet muda saya, kalau terbiasa kaya gini terus. Hehehehe

3. Langkah ketiga tinggal eksekusi lah, ngga usah kebanyakan mikir pakai teori pitagoras atau apapunlah. TULIS! TULIS! TULIS! Tulis aja yang ada di pikiran, cerita-cerita Oe gitu, yang dibahas pun keluarga Oe sendiri. Alami natural aja.

4. Abis draft tulisan beres, tulis apa adanya sesuai yang terjadi. Tutuplah laptop dan tidur, ngga usah dibaca ulang atau ketik apus-ketik apus. Biarin aja! Mau typo, biarin! Mau jelek, biarin! Tidur, istirahat dan mulai siklus langkah  satu lagi yaitu main sama keluarga, ngobrol bareng, makan bareng, dan cari bahan buat di goreng.

5. Setelah mengendapkan draft tulisan di langkah empat tadi, baru dah buka lagi setelah dapet mood yang lagi bahagia-bahagianya, Mak. Rapihin deh tuh kalimat, cari premis-premis menarik, sisipkan moral value, dan tutup dengan punchline yang jooooossss….

6. Klik publish, dan selamat tertawa dalam kenangan deh.

Yaaa itulah konsep portofolio keluarga yang dikawinkan dengan cerita menarik yang lucu ala Mamak. Jadi ngga jadi, yang penting udah bikin rencana ye kan. Semoga beneran jadi buku ya ntar, tunggu aja tanggal mainnya. huehehhehhe….

Nah lanjut saat jadi mentor komunikasi produktif dengan suami, gimana ceritanya?
Konsep mentorship ini memang keren aselik menurut Mamak. Bener-bener bikin kurikulum individual sendiri-sendiri. Mamak punya 3 mentee dan masing-masing punya warna yang berbeda. Yang satu kuning, yang satu hijau, yang satunya lagi merah. Beraneka macam warna dan latar belakang.

Ibarat kata Mamak lagi disuruh ngerenovasi ruang tamu seseorang, Mamak udah ngebayangin nanti disebelah sini bakalan Mamak pasang wallpaper A ah, yang ini mau dipasang jam dinding yang gini. Tetiba yang punya rumah datang bawa pigura besar dan minta pendapat Mamak akan dipasang dimana pigura ini. Mamak bantu dengan sedikit saran lalu merasa takjub sendiri saat konsumen puas dengan hasil renovasinya karena memang itu yang mereka inginkan. Aaaaah, contohnya ngayal banget, Mak. Ngga ngena! Ya pokoknya gitu lah. Hahahahaha

Di tahap ini pun akhirnya Mamak lebih luwes berkomunikasi dengan para mentee, Alhamdulillah. Semoga para mentee bisa mencapai tujuan yang diinginkan ya untuk mahir berkomunikasi dengan Ayang Beb. Nanti kalau udah beranjak pekan-pekan ke depan, Mamak kasih tips komunikasi pasangan suami istri yang penuh chemistry, deh! Aseeeek...

Semangat terus para mentee.. hehehehhe...

Sekian dari Mamak, sampai jumpa di tahapan selanjutnya.

Wassalamualaikum warahamtullahi wabarakatuh


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembentukan Struktur Hexagon City

[30 DEM-DAY #8] Burung Kecil dan Pohon Tua

[30DEM-DAY14] Endog-endogan