(NHW #5) Desain Pembelajaran ala Bunda Iggo

Bismillahirahmanirrahim

Dalam materi pekan ke 5 lebih menitikberatka pada 'apakah sudah mantap dengan jurusan ilmu yang dipilih?', 'apakah sudah  mantap dengan misi yang telah kita tentukan?'. Jika YA jawabannya, maka kini lah saatnya kita belajar bagaimana belajar.

Sekarang tibalah saatnya kita menerjemahkan misi itu dalam sebuah Desain Pembelajaran. Kita dibebaskan untuk menentukan cara belajar ala kita. Menjadikan jurusan ilmu yang telah kita pilih akan menyenangkan jika dipelajari. Sehingga kita bukan hanya BISA tapi juga SUKA.

Saya pribadi menafsirkan Desain Pembelajaran sebagai penjabaran dari tujuan, cara/metode, ataupun sumber belajar yang ingin saya gunakan demi mendalami jurusan ilmu yang saya pelajari. Gaya belajar seperti apa yang akan kita gunakan demi menguasai ilmu tersebut, strategi seperti apa yang kita sukai. Metode seperti apa yang tepat untuk kita terapkan sendiri.

Baiklah mari mulai membedahnya satu per satu...

Desain Pembelajaran

Secara garis besar ada 3 jurusan ilmu yang ingin saya dalami, yaitu:
A. Ilmu menjadi Ibu Profesional
B. Ilmu mengenai Fitrah Based Education
C. Ilmu tentang berbagi ilmu

Saya menjabarkan desain pembelajaran ini dalam 5 komponen, yaitu :
1. Tujuan Umum, menjelaskan mengapa saya tertarik pada ilmu tersebut.
2. Tujuan Khusus, menjelaskan apa saja jalan yang akan saya tempuh untuk mempelajarinya?
3. Strategi yang digunakan, menjelaskan bagaimana saya mencapai tujuan saya
4. Alokasi waktu, menjelaskan waktu yang saya dedikasikan untuk mempelajari ilmu tersebut
5. Penilaian, menjelaskan bagaimana saya mengevaluasi ilmu yang telah saya peroleh
6. Sumber belajar, menjelaskan siapa dan darimana saya memperoleh semua ilmu yang ingin saya pelajari

Sehingga kurang lebih, desain pembelajaran saya adalah seperti ini:





A. Belajar di Institut Ibu Profesional

Tujuan Umum
Menjadi Ibu dan Istri yang profesional

Tujuan Khusus
1. Menjadi Bunda yang disayangi oleh anak dan suami
2. Menjadi Bunda yang cekatan dalam memanajemen rumah tangga
3. Menjadi Bunda yang produktif tanpa meninggalkan keluarga
4. Menjadi Bunda yang shaleha dan bermanfaat bagi umat

Strategi yang digunakan
1. Mengikuti perkuliahan di Institut Ibu Profesional dengan serius dan konsisten
    a. Terlibat aktif dalam diskusi
    b. Mengerjakan NHW dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu
    c. Menerapkan ilmu yang diperoleh pada diri sendiri, keluarga, dan lingkungan
2. Persentasi dan berdiskusi dengan suami mengenai ilmu yang didapat
3. Rutin membuat aliran rasa mengenai ilmu yang diperoleh baik dengan tulisan ataupun infografis

Alokasi waktu
3 x pertemuan dalam seminggu
2 jam per hari = 6 jam per minggu

Penilaian 
1. Evaluasi diri setiap 1 bulan sekali
2. Aliran rasa dari Ayah mengenai istrinya setiap 1 bulan sekali
3. Aliran rasa dari Iggo mengenai Bundanya setiap 1 bulan sekali

Sumber belajar :
1. Fasilitator perkuliahan
2. Pengalaman Peserta perkuliahan
3. Pengalaman keluarga
4. Buku-buku yang relevan

B. Mendalami Ilmu Pendidikan Anak Berbasis Fitrah

Tujuan Umum
Mampu mendampingi Iggo tumbuh menjadi individu yang menyadari fitrahnya

Tujuan Khusus
1. Menumbuhkan fitrah keimanan Iggo
2. Menumbuhkan fitrah bakat Iggo
3. Menumbuhkan fitrah belajar Iggo
4. Menumbuhkan fitrah seksualitas Iggo

Strategi yang digunakan
1. Membedah buku FBE
    a. Fokus membaca buku FBE
    b. Presentasi dan berdiskusi dengan Ayah
    c. Membuat ringkasan hasil diskusi dan presentasi
2. Mempraktikan satu persatu ilmu yang didapat dari hasil bedah buku FBE
3. Menuliskan aliran rasa setelah menerapkan ilmu baik melalui tulisan maupun infografis

Alokasi Waktu
3 x pertemuan dalam seminggu
2 jam per hari = 6 jam perminggu

Penilaian
1. Evaluasi diri setiap 1 bulan sekali
2. Mengobservasi sikap dan perilaku Iggo setiap 1 bulan sekali

Sumber belajar :
1. Buku Fitrah Based Education
2. Menghadiri seminar mengenai FBE
3. Pengalaman


C. Berbagi ilmu

Tujuan Umum
Menjadi individu yang penuh manfaat dengan berbagi ilmu yang telah didapatkan

Tujuan Khusus
1. Menguasai ilmu menulis
2. Menguasai ilmu desain grafis
3. Menguasai ilmu komunikasi

Strategi yang digunakan
1. Bergabung ke komunitas menulis
2. Membuat tulisan/desain grafis di blog
3. Mepresentasikan tulisan/desain grafis ke Ayah
4. Diskusi mengenai hal yang ditulis dengan Ayah
5. Review dan revisi tulisan

Alokasi Waktu
3 x pertemuan dalam seminggu
2 jam perhari = 6 jam perminggu

Penilaian
1. Evaluasi diri setiap 1 bulan sekali
2. Aliran rasa pembaca

Sumber belajar
1. Tulisan parenting para penulis terkenal
2. Pendapat Ayah
3. Buku yang relevan








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembentukan Struktur Hexagon City

[30 DEM-DAY #8] Burung Kecil dan Pohon Tua

[30DEM-DAY14] Endog-endogan